RANCANGAN
PENILAIAN ULANGAN AKHIR SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2014/2015
(KISI-KISI
DAN BUTIR SOAL)
MATA PELAJARAN : SENI BUDAYA (Musik) ALOKASI
WAKTU : 90 Menit
KELAS/SEMESTER : IX/2 JUMLAH
SOAL : 50
PENILAIAN
PENGETAHUAN : BENTUK
SOAL : Pilihan ganda
KOMPETENSI INTI :1. Mengapresiasi karya
seni music
2. Mengekspresikan diri melalui karya seni
musik
NO
|
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
INDIKATOR
SOAL
|
1
|
Mengidentifikasi
music mancanegara di Asia
|
Mengidentifikasi ragam
alat music mancanegara di Asia
|
Disajikan
data, siswa dapat mengidentifikasi ragam alat music mancanegara di Asia
(jepang)
|
2
|
Disajikan
data, siswa dapat mengidentifikasi ragam alat music mancanegara di Asia
(India)
|
||
3
|
Disajikan
data, siswa dapat mengidentifikasi ragam alat music mancanegara di Asia
(china)
|
||
4
|
Disajikan
data, siswa dapat mengidentifikasi ragam alat music mancanegara di Asia
(jepang)
|
||
5
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan music mancanegara di Asia
|
Disajikan
data, siswa dapat mengidentifikasi ragam alat music mancanegara di Asia
(melayu)
|
|
6
|
Disajikan
data, siswa dapat mengidentifikasi ragam alat music mancanegara di Asia
(melayu)
|
||
7
|
Disajikan
data, siswa dapat mengidentifikasi ragam alat music mancanegara di Asia (melayu)
|
||
8
|
Mengaransir
music mancanegara di Asia
|
Menjelaskan
tentang cara mengaransir lagu
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan pengertian aransemen
|
9
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan pengertian arranger
|
||
10
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan langkah-langkah membuat aransemen
|
||
11
|
Menentukan
alat music pengiring dalam membuat aransemen
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis alat music ritmis dalam membuat
aransemen
|
|
12
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis alat music harmonis dalam membuat
aransemen
|
||
13
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis alat music ritmis dalam membuat
aransemen
|
||
14
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan jenis-jenis alat music harmonis dalam membuat
aransemen
|
||
15
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan pengertian dari lagu
|
||
16
|
|
Menjelaskan
tentang unsur-unsur music
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang unsur music yaitu harmoni
|
17
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang unsur music yaitu interval
|
||
18
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang unsur music yaitu akor
|
||
19
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang unsur music yaitu fungsi tanda kres (#)
|
||
20
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang unsur music yaitu nada anharmonis
|
||
21
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang unsur music yaitu tangga nada
|
||
22
|
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang unsur music yaitu pengertian vokal
|
|
23
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang unsur music yaitu tempo
|
||
24
|
Mengidentifikasi
music mancanegara diluar Asia
|
Mengidentifikasi
tokoh-tokoh music mancanegara diluar Asia (Eropa/Barat)
|
Disajikan
data, siswa dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh music mancanegara diluar Asia
(Eropa)
|
25
|
Disajikan
data, siswa dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh music mancanegara diluar Asia
(Eropa) pada zaman klasik
|
||
26
|
Disajikan
data, siswa dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh music mancanegara diluar Asia
(Eropa) pada zaman barok
|
||
27
|
|
Disajikan
data, siswa dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh music mancanegara diluar Asia
(Eropa) pada zaman klasik
|
|
28
|
|
Disajikan
data, siswa dapat mengidentifikasi tokoh-tokoh music mancanegara diluar Asia
(Eropa) pada zaman renaissans
|
|
29
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri keunikan music mancanegara diluar Asia
|
Disajikan
data, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri keunikan music mancanegara
diluar Asia (Eropa) pada zaman kuno
|
|
30
|
Disajikan
data, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri keunikan music mancanegara
diluar Asia (Eropa) tentang tangga nada kromatis
|
||
31
|
Disajikan
data, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri keunikan music mancanegara
diluar Asia (Eropa) tentang music popular
|
||
32
|
Menampilkan
sikap apresiatif terhadap keunikan music mancanegara diluar Asia
|
Menjelaskan
tentang tangga nada
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang nada dasar natural tangga nada diatonic
mayor
|
33
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang nada dasar natural tangga nada diatonic
minor
|
||
34
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang urutan tangga nada diatonic mayor Do =
D
|
||
35
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang nada dasar natural tangga nada diatonic
mayor Do = F
|
||
36
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang interval dari tangga nada diatonic
mayor
|
||
37
|
Menyiapkan
karya seni music mancanegara untuk disajikan secara perseorangan dan
berkelompok di kelas atau sekolah
|
Menjelaskan
tentang cara menentukan akor
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang interval dari akor mayor
|
38
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang interval dari akor minor
|
||
39
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang interval dari akor diminished
|
||
40
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang interval dari akor aughmented
|
||
41
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang interval dari akor Dm
|
||
42
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang interval dari akor D
|
||
43
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang interval dari akor Ddim
|
||
44
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang interval dari akor Daug
|
||
45
|
Disajikan data,
siswa dapat menjelaskan tentang interval dari E – A
|
||
46
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang akor F balikan 1
|
||
47
|
Disajikan
data, siswa dapat menjelaskan tentang akor Em balikan 1
|
||
48
|
Memainkan
alat-alat music hasil aransemen dalam bentuk music ansambel
|
Disajikan
media, siswa dapat mengidentifikasi alat music piano
|
|
49
|
Disajikan
media, siswa dapat mengidentifikasi letak nada pada alat music rekorder
sopran
|
||
50
|
Disajikan
media, siswa dapat mengidentifikasi letak nada pada alat music rekorder
sopran
|
selamat belajar anak-anakku...
BalasHapus